Untuk para pembelajar Biologi. Blog ini terfokus pada pembelajaran Biologi SMA, meski demikian disediakan juga materi dan soal-soal Sains SD, Sains SMP, Biologi Perguruan Tinggi (Universitas). Silahkan dimanfaatkan bagi siapa saja : siswa, mahasiswa, guru, dosen, orang tua atau siapapun yang mencintai Biologi. Semoga bermanfaat Salam Biologi

28/10/11

SOAL & PEMBAHASAN UJIAN KELAS IX SMP

1. Daun putri malu mengatup ketika disentuh. Peristiwa ini menunjukkan makhluk hidup ….. (Ujian Nasional 2007/2008)
   A. Membutuhkan makanan
   B. Peka terhadap rangsangan
   C. Mengeluarkan zat sisa
   D. Bergerak aktif
   Jawaban: B
Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan menerima dan bereaksi terhadap suatu rangsang. Kemampuan ini dinamakan iritabilita. Rangsang tersebut dapat bersal dari luar maupun dari dalam tubuhnya. Contoh tumbuhan mampu menanggapi rangsang yaitu tumbuhan putri malu yang akan mengatup daunnya apabila menerima rangsang berupa sentuhan . Sementara itu, membutuhkan makanan, mengeluarkan zat sisa, dan bergerak aktif juga termasuk ciri-ciri makhluk hidup yang lain. Makanan diperlukan untuk memperoleh energi. Zat sisa yang dikeluarkan makhluk hidup berupa karbon dioksida, uap air, dan urea. Bergerak aktif adalah gerak berpindah tempat yang dilakukan oleh manusia dan hewan. Adapun tumbuhan melakukan gerak pasif.
2. Pada waktu sore hari daun lamtoro tampak mengatup. Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ciri…. (Uian Nasioanl 2007/2008)
   A. Tumbuh                            C. Bergerak
   B. Bernapas                          D. Berkembang
   Jawaban: C
Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk bergerak. Namun, kemampuan bergerak setiap makhluk hidup berbeda-beda. Ada makhluk hidup yang dapat bergerak secara aktif, yaitu bergerak berpindah tempat. Ada juga makhluk hidup yang hanya mampu menggerakkan sebagian tubuhnya saja dan tidak berpindah tempat. Contoh tumbuhan lamtoro bergerak dengan mengatupkan daunnya pada waktu sore hari. Sementara itu tumbuh, bernapas, dan berkembang juga termasuk ciri-ciri makhluk hidup yang lain. Pertumbuhan adalah pertambahan biomassa suatu organisme yang bersifat irreversible. Bernapas adalah proses mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Perkembangan adalah perubahan struktur dan fungsi bagian-bagian penyusun tubuh makhluk hidup sehingga bertambah lengkap, sempurna, dan kompleks.

Klasifikasi Makhluk Hidup
1. Perhatikan beberapa tumbuhan dibawah ini!
    1. Padi                     4. Melinjo
    2. Pakis haji              5. Pinus
    3. Kelapa                 6. Mangga
   Kelompok tumbuhan berbiji terbuka adalah …
   (Ujian Nasional 2007/2008)
   A. 1,2,5
   B. 1,3,6
   C. 2,4,5
   D. 2,4,6
Jawaban: C
Tumbuhan berbiji terbuka adalah tumbuhan yang bijinya tidak dilindungi oleh buah, tetapi biasanya berada di permukaan luar daun buah dalam susunan strobilus. Contoh tumbuhan berbiji terbuka yaitu pakis haji, melinjo, dan pinus. Sementara itu, padi, kelapa, dan mangga termasuk tumbuhan berbiji tertutup. Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yang bakal bijinya oleh daun buah.
Soal-soal selanjutnya dalam format PDF bisa di download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar