Untuk para pembelajar Biologi. Blog ini terfokus pada pembelajaran Biologi SMA, meski demikian disediakan juga materi dan soal-soal Sains SD, Sains SMP, Biologi Perguruan Tinggi (Universitas). Silahkan dimanfaatkan bagi siapa saja : siswa, mahasiswa, guru, dosen, orang tua atau siapapun yang mencintai Biologi. Semoga bermanfaat Salam Biologi

28/10/11

SOAL & PEMBAHASAN LATIHAN UN KELAS IX SMP

Sistem Saraf pada Manusia
1. Ketika kita berjalan dengan kaki telanjang dan tanpa tanpa sengaja menginjak bara api puntung rokok, maka jalannya rangsang yang teradi adalah….
A. Rangsang reseptor saraf sensorik sumsum tulang belakang saraf motorik efektor respons
B. Rangsang efektor saraf sensorik sumsum tulang belakang saraf motorik reseptor respons
C. Rangsang reseptor saraf sensorik otak saraf motorik efektor respons
D. Rangsang efektor saraf sensorik otak saraf motorik reseptor respons
Jawaban : A
Ketika kita berjalan dengan kaki telanjang dan tanpa sengaja menginjak bara api puntung rokok, secara spontan kita langsung mengangkat kaki. Hal ini merupakan contoh dari gerak refleks. Jalannya impuls gerak refleks. Jalannya impuls gerak refleks tersebut sebagai berikut. Rangsang yang diterima oleh reseptor (pada kulit) diteruskan ke sumsum tulang belakang. Penyampaian rangsang ini dilakukan oleh saraf sensorik. Rangsang tersebut kemudian meneruskan rangsang tersebut ke otot (efektor). Akibatnya, otot berkontraksi sehingga kaki terangkat.

2. Kerusakan sel saraf telinga karena mendengar musik “heavy metal” terlalu keras menyebabkan penyakit ….. (Ujian Nasional 2007/2008)
A. Osteosklerosis
B. Presbikusis
C. Serumen
D. Otitis
Jawaban: B
1) Osteosklerosis, merupakan suatu gangguan berupa pengerasan dan pengapuran pada tulang
2) Presbikusis merupakan gangguan. Gangguan ini terjadi karena proses degenerasi , perubahan struktur koklea, saraf pendengaran, dan penurunan jumlah sel rambut. Faktor penyebanya dapat berupa sering mendengar suara yang terlalu keras, penyakit keturunan, dan penyakit diabetes mellitus.
3) Serumen merupakan cairan telinga yang diproduksi oleh kelenjar serumen. Cairan ini bersifat lengket, kental, serta berbau khas. Serumen berfungsi melindungi telinga dari benda-benda asing, misalnya debu dan bakteri, serta mempertahankan kelembapan liang telinga.
4) Titis merupakan peradangan, iritasi, atau infeksi pada saluran pada saluran telinga yang disebabkan oleh bakteri.


Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan

1. Bagian yang berfungsi mengedarkan makanan ke seluruh jaringan tumbuhan adalah …………
A. Epidermis
B. Floem
C. Kambium
D. Xilem
Jawaban: B
Keterangan sebagai berikut.
1 = Epidermis, merupakan bagian terluar batang. Bagian ini berfungsi sebagai pelindung agar tidak kehilangan air terlalu banyak.
2 = Floem, terletak di sebelah luar kambium. Bagian ini berfungsi mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
3 = Kambium, terletak di antara berkas pembuluh xilem dan floem. Sel-sel kambium selalu aktif membelah sehingga mengakibatkan diameter batang membesar. Kambium ini membentuk jaringan xilem ke arah dalam dan membentuk jaringan floem ke arah luar.
4 = Xilem, terletak di sebelah dalam kambium. Bagian ini berfungsi menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun.
Untuk soal-soal selanjutnya klik disini (dalam bentuk PDF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar