Untuk para pembelajar Biologi. Blog ini terfokus pada pembelajaran Biologi SMA, meski demikian disediakan juga materi dan soal-soal Sains SD, Sains SMP, Biologi Perguruan Tinggi (Universitas). Silahkan dimanfaatkan bagi siapa saja : siswa, mahasiswa, guru, dosen, orang tua atau siapapun yang mencintai Biologi. Semoga bermanfaat Salam Biologi

29/10/11

KETERAMPILAN PROSES, SIKAP DAN METODE ILMIAH

Dalam belajar Biologi kita dapat meniru apa yang dilakukan oleh para pakar/peneliti. Para pakar/Peneliti behasil menemukan ilmu pengetahuan karena mereka bekerja sistematis, teliti, tekun dan disiplin.

Kali ini kita belajar keterampilan proses ilmiah:

1. Seorang peneliti biologi harus memiliki keterampilan proses sebagai berikut:
a. Melakukan pengamatan (observasi)
Pengamatan kuantitatif: data diukur dengan alat ukur.
Pengamatan kualitatif: data tak dapat diukur, pengamatan dengan indra.

b. Membuat daftar pertanyaan untuk merumuskan masalah.
Pertanyaan: apa, bagaimana, di mana, kapan, siapa, mengapa (ABDIKASIM).

c. Menggolongkan objek biologi berdasarkan ciri-ciri tertentu.

d. Menafsirkan data hasil pengamatan (mendeskripsikan data, menyajikan data—tabel/grafik/bagan/gambar/tulisan—dan menjelaskan data).

e. Memprediksikan suatu peristiwa berdasarkan data yang ada sebelumnya.

f. Mengidentifikasi variabel.
Variabel bebas (variabel manipulasi): faktor yang dibuat bervariasi.
Variabel terikat (variabel respon): faktor yang muncul akibat variabel bebas
Variabel kontrol: faktor lain yang ikut berpengaruh yang dibuat sama.

2. Penelitian biologi dilakukan melalui tahapan metode ilmiah sebagai berikut:
a. Menemukan dan merumuskan masalah (melalui pengamatan dan pertanyaan).
b. Mengumpulkan keterangan/data (melalui pengamatan dan pertanyaan)
c. Merumuskan hipotesis, yaitu jawaban sementara atas masalah berdasarkan teori dan fakta.

Hipotesis alternatif: menyatakan ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel
terikat.

Hipotesis nol: menyatakan tidak ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel
terikat.

d. Melakukan eksperimen (percobaan) untuk menguji hipotesis.
e. Menganalisis data hasil eksperimen.
f. Menarik kesimpulan.
g. Menulis laporan lengkap penelitian ilmiah yang telah dilakukan.

Laporan penelitian sangat penting karena selain sebagai dokumentasi juga berfungsi sebagai alat komunikasi hasil penelitian dengan pihak lain.

Berikut ini adalah salah satu sistematika laporan penelitian.

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kajian dan Hasil Penelitian
C. Rumusan Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
B. Rancangan Penelitian
C. Sasaran Penelitian ( Populasi dan Sampel )
D. Instrumen (Alat dan Bahan)
E. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
F. Rencana Analisis Data
G. Jadwal Penelitian

BAB IV DATA DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Interpretasi Data
C. Uji Hipotesis
D. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

3. Seorang peneliti juga harus memiliki sikap ilmiah sebagai berikut:

1. Rasa ingin tahu yang tinggi
2. Jujur
3. Objektif
4. Berfikir secara terbuka
5. Memiliki kepedulian
6. Teliti
7. Tekun
8. Berani dan santun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar